Total Tayangan Halaman

Selasa, 31 Januari 2012

Produksi Sperma Turunkan Imunitas Pria

 
 
APA yang terjadi saat pria ejakulasi? Ternyata, imunitasnya sedang mengalami penurunan.

Demikian pernyataan dari hasil penelitian Damian Bowling, seorang profesor dari University of Western Australia.

"Saat mengeluarkan sperma, pria mengalami penurunan imunitasnya melawan infeksi," tutur Dowling yang menyelidiki keterkaitan antara kualitas sperma dengan kekebalan tubuh.

Penelitian yang dipubliksikan dalam Journal Public Library of Science ini sekaligus menentang pandangan tradisional yang menyatakan bahwa seks dan produksi sperma adalah hal-hal yang murah didapatkan dari para pria.

"Saat tahap puncak hubungan seks, sebenarnya saat itu laki-laki sedang melawan bakteri. Jadi berhubungan seks adalah suatu hal yang tidak dapat dianggap sebagai ritual biasa," imbuhnya.

Peneliti menggunakan jangkrik jantan dalam penelitian ini untuk membuktikan bahwa produksi sperma berkualitas itu tidaklah murah karena berkaitan dengan investasi energi dalam proses biologis. Dengan kata lain, kualitas stamina harus dalam keadaan baik pula.

Para jangkrik jantan tersebut ditempatkan di dua tempat, yakni bersama dengan jangkrik betina dewasa yang secara seksual mampu bereproduksi dan tidak. Kualitas sperma diukur dua kali dan fungsi kekebalan diperiksa satu kali selama percobaan.

Dowling mengatakan, kualitas produksi sperma pada jangkrik jantan tampak menyesuaikan atau berkompromi dengan tingkat sistem kekebalan tubuh jangkrik betina yang mampu bereproduksi atau tidak mengalami gangguan reproduksi karena sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar